cara Membuat linux fedora 14 semakin menarik

Setting repository

Repo adalah sebutan populer untuk repository yang merupakan kumpulan/gudang paket linux yang jumlahnya ribuan. Fedora mempunyai repo bawaan yang terdapat di direktory /etc/yum.repos.d/. nah repo ini hanya mendukung aplikasi,pustak seta file Free Open Source.nah ada juga yang namanya aplikasi free tapi bukan open source ini baunya non GNU/GPL nah yang ini di rangkum dalam repo pihak ketiga seperti RPMFusion”kata patra failed sabe”.

RPMfusion

Untuk menambahkan repository RPMfusion,nah ini ada caranya tinggal copas aja”tau copas kan alias copy paste”.cukup mangat dan that mudah.:)
posisi root#rpm -Uvh http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-stable.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-stable.noarch.rpm

For ADOBE

posisi root#rpm -ivh http://linuxdownload.adobe.com/adobe-release/adobe-release-i386-1.0-1.noarch.rpm<;br>#rpm –import /etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-adobe-linux
for Google repository
klo untuk google lakukan gini
posisi root@vi /etc/yum.repos.d/google.repo
#pastekan ini kedalamnya
[google]
name=Google – i386
baseurl=http://dl.google.com/linux/rpm/stable/i386
enable=1
gpgcheck=1
gpgkey=https://dl2.google.com/linux/linux_signing_key.pub
[google-testing]
name=Google Testing – i386
baseurl=http://dl.google.com/linux/rpm/testing/i386
enable=1
gpgkey=https://dl.ssl.google.com/linux/linux_signing_key.pub
gpgcheck=1

Instalasi Aplikasi

Untuk melakukan instalasi aplikasi perintahnya gampang.
01@root#yum install aplikasi
langsung aja install aplikasinya ato paket-paket yang anda butuhkan

Mempercepat Yum kita

plugin yum ini untuk menenteukan dan mencari mirror tercepat.”recomended lah”
01@root#yum install yum-fastestmirror

Yumex

Yumex adalah yum Extender suatu aplikasi yum yang memiliki GUI.package installer default pada fedora berbasis GUI adalah Gnome Package Kit.namun yumex memiliki kelebihan dalam proses instalasinya.
01@root#yum install yumex

Install flash dan adobe reader

nah biasanya kita main poker kan harus ada flash player dan adobereade dah taukan untuk apa ?.ini syaratnya harus ada adobe.repo “klo anda ikuti dari atas pasti ada adobe reponya”
01@root#yum install flash-plugin AdobeReader_enu

Memutar file mp3

setelah instalasi fedora 14 sempat bingung mau dengar lagu gimana.karena bawaannya kurang lengkap codec nya.nah satu hal yang sering ditanyakan oleh pengguna pemula adalah fedora juga distro mainsteam lainnya seperti ubuntu dan opensuse tidak bisa memutar mp3(defaultnya).jadi agar bisa memutar file mp3 di perlukan plugin tambahan yang pada dekstop gnome memerlukan plugin gsteamer-plugin-ugly dan gstreamer-plugins-bad cara install mudahnya gini aja.
01@root#yum install gstreamer-plugins-*

Multimedia (nonton video)

Untuk dapat menonton video kita dapat memasang mplayer,memcoder dan smplayer sebagai front-end nya.
01@root#yum install mplayer mencoder smplayer

Browser

nah bagi anda pecinta google-chrome jangan berkecil hati disini juga sudah ada google-chrome.
01@root#yum install google-chrome
Inkscape dan Gimp
dalam paket fedora tidak disertakan default vecto image editor.cuman harus kita pasang sendiri caranya.
01@root#yum install inkscape gimp

Install Webserver dan phpmyadmin

tinggal ketikkan aja perintah ini
01@root$yum install httpd php php-pdo php-mysql php-gd mysql mysql-server phpmyadmin
[01@lroot]# mysql -u root -p
Enter password:
Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 60
Server version: 5.0.45 Source distribution
 
Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the buffer.
 
mysql>
mysql>SET PASSWORD FOR 'root'@'localhost' = password('passwordbaroe');

sekarang coba buka http://localhost/phpmyadmin
(jangan lupa mysql dan httpnya di start
01@root#/etc/init.d/https start
01@root#/etc/init.d/mysqld start
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Haidir
AUTHOR
13 April 2011 19.33 delete

salam kenal Fadil, saya tertarik artikelnya...ada yang mau saya tanya, semua hal di atas cuma bisa kita lakukan pada saat komputer kita terkoneksi dgn internet atau bisa dengan cara offline?. thanks atas sharing ilmunya ya..

Reply
avatar

Komentar