Perbedaan Mandriva One, Free dan Powerpack

Apa sih Perbedaan Mandriva One, Free dan Powerpack? Nah, mungkin pertanyaan ini ada di benak kakak-kakak semua yang ingin mencoba si Bintang Kejora ini. Mau pakai yang One, Free, atau Powerpack. Okeh, daripada pusing cari jawaban yang pecah-pecah di Embah Google, mending baca artikel saya mengenai Perbedaan Mandriva One, Free, Powerpack versi saya






Pertama-tama, mari kita telusuri tentang Mandriva One.



  • Mandriva Versi One




Mandriva versi ini, adalah versi yang ditujukan untuk anda yang ingin mencoba Linux Mandriva. Versi One ini, lebih ringan dan praktis tentunya. Anda bisa mencoba Mandriva tanpa harus meng-instal-nya terlebih dahulu. Dengan fitur Live CD, anda tidak usah repot-repot meng-instalnya terlebih dahulu. Bisa dibilang, Mandriva One merupakan versi Kecil-nya Mandriva Powerpack. Karena di Mandriva One, terdapat driver-driver komersil alias berbayar yang telah di-gratiskan pada versi Mandriva One (Wah, enak enggak tuh ?? ^^). Mandriva One, juga dikemas pada sebuah USB Flashdisk yang dijual oleh pihak Mandriva. Oya, anda bisa memilih desktop environment-nya. Yaitu KDE, GNOME, dan XFCE. Jika anda ingin menggunakan XFCE, silahkan anda mampir di http://wiki.mandriva.com.




  • Mandriva Versi Free




Mandriva versi Free ini, lebih ditujukan kepada anda yang sudah mahir pada dunia Linux. Versi ini, lebih banyak software yang bisa anda gunakan. Tetapi, pada versi Free ini, hanya tersedia berbagai software dan driver yang gratis atau Free. Ukuran file nya sekitar 4.8 GB atau setara dengan 1 buah keping DVD single-layer. Pada versi ini, anda sekaligus mendapatkan desktop environment KDE dan GNOME . Terdapat pilihan 32-bit, 64-bit, dan juga dual-arch. Jika anda ingin membuat sebuah komputer server di warnet, Mandriva Free ini bisa menjadi pilihan anda.




  • Mandriva Versi Powerpack




Nah, versi Mandriva Powerpack ini adalah versi komersial atau berbayar yang disediakan oleh pihak Mandriva. Versi Powerpack ini, memuat software-software komersial dan layanan-layanan yang telah disediakan. Anda bisa memesannya langsung di http://www.mandriva.com. Sama halnya dengan versi Free. Hanya saja versi Powerpack ini menyediakan software-software berbayar. Tidak ada salahnya anda membeli versi Powerpack ini. Dengan harga sekitar 60$, anda bisa mendapatkan distribusi Mandriva yang komplit (wah, pengen beli... Tapi duit gak cukup ^^).




Apapun pilihan anda, semua-nya hebat! Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan anda saja. Jika ingin digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, bisa menggunakan Mandriva Versi One. Kalau ingin digunakan sebagai server anda bisa menggunakan Mandriva Versi Free. Kalau ingin yang paket komplit, bisa pilih Mandriva Versi Powerpack.
Previous
Next Post »

Komentar