Fedora 15

Meski masih memiliki embel-embel beta, akhirnya saya gusur juga Fedora 14 yang sedang dipakai dari Workstation saya. Ini gara-gara saya coba Fedora 15 beta di VirtualBox tidak menampilkan  performa sesungguhnya. Namun sejauh ini rasanya Fedora 15 beta yang saya pasang belum memperlihatkan adat aselinya sebagai versi beta he he. Kesan Gnome3 yang tampil memang terlihat sangat berbeda dengan desktop GMOME biasa setiap rilis distro ini.

Pengalaman Desktop Baru

Sebenarnya GnomeShell pada Fedora rilis sebelumnya sudah memberikan tampilan seperti GNOME3, namun masih cukup membuat bingung dan masih jauh dari yang diharapkan. GnomeShell tersebut dijalankan dengan memasnag terlebih dahulu paket GnomeShell melalui yum dan hars menjalankan Desktop 3D.

Yah.. memang tidak ada lagi panel tempat kita menjelajahi desktop. Beginilah adanya GNOME3. Workspace Swithcer berada di sisi kanan, sedangkan shortcut ke setiap aplikasi ada pada Dock yang nempel di sisi kiri. Pada bagian atas yang terlihat seperti panel hanya bisa menyajikan informasi seputar aktivitas dekstop (Activities) untuk mengakses berbagai aplikasi, Waktu, Pengguna aktif, status Networking, pengaturan volume, serta pengaturan universal acces. Pada bagian bawah kayaknya semacam system tray yang menampilkan aplikasi yang sedang berjalan, sebagai contoh Clementine sedang berjalan dan selalu nongkrong di system tray jika kita menutup jendela apliaksinya.
Untuk berlaih ke jendela aplikasi yang sedang berjalan tombol Alt + Tab harus di pijit secara bersamaan. Biasanya dengan mudah kita bisa loncat ke jendela aplikasi satu ke yang lainnya dengan meng-klik salah satu aplikasi yang terbuka pada panel bawah GNOME. Terus terang jadi agak repot he he.
Untuk mengakses Aplikasi cukup mengklik Menu Activities, dan akan muncul jendela dengan menu Windows dan Applications. Aplikasi semuanya akan ditampilkan pada jendela Applications. Pada bagian kiri terdapat Dock Aplikasi favorit yang dapat diganti dan ditambahkan. Sebelah kanan layar terdapat sebuah kolom dengan berbagai kategori Aplikasi. Kalau dipikir-pikir Desktop Fedora 15 ini mirip-mirip Unity-nya Ubuntu he he.

Oh no! Gak Ada Tombol Maximize dan Minimize!!!

Hal yang membikin heran adalah tidak ada tombol Maximize atau Minimize, yang ada adalah cuman tombol Close! Terpaksa deh mesti mengklik tombol mouse kanan dan pilih mau Max atau Min he he.
Hal menarik lainnya adalah seperti yang diperlihatkan pada System Settings (gambar di atas), gayanya mirip-mirip Jendela Setting nya Mac OS X. Semuanya terintegrasi menjadi satu, sebagai contoh settinngan Background ini, jika ingin kembali ke jendela awal cukup klik All Settings.

Kartu Grafis

Saya memakai kartu grafis NVidia, samapi tulisan ini saya buat, belum sempat tuh mengecek di RPMFusion apa emang kartu grafis NVidia sudah ada atau belum. Yang jelas sih meski tampilan LoveLock dengan GNOME3 nya terkesan lembut di mata, cuman kalau baca di Browser akag aneh dan hurufnya terkesan gak sempurna.
Driver NVidia bawaan Fedora 15 adalah driver opensource Gallium seperti diperlihatkan gambar di atas. Meski berjalan tanpa hambatan namun terasa ada hal yang belum nyaman di mata neh he he.

Setting Sudo

Tidak seperti biasanya, baru kali ini Fedora memberikan hak akses Sudo sewaktu instalasi. Telat he he… gak seperti OpenSuse dalam beberapa rilis terakhir dan Ubuntu yang memang dari awal sudah demikian. Jadi setting sudo sudah dibawa semenjak instalasi itupun jika kita mencentang akses sudonya.

DropBox

Wah…. gawat ternyata Dropbox gak bisa dipasang lewat repo he he… Kayaknya belum ada ya! Fyuh… coba dengan cara install rpm dengan mengunduh paketnya terlebih dahulu.
Instalasi Dropbox berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti. Yippieee! Dropbox memang sangat berarti bagi saya, karena gak peduli apapun yang namanya Data kerja harus tetap selamat, makanya sebelum install yang lain Dropbox dulu deh he he! gak peduli saya hajar Workstation, PC atau Notebook…. data akan kembali lagi.
Secara umum sih, cukup enak nih Fedora 15 dengan GNOME3 nya. Sebulan memang bukan waktu yang enak buat nunggu dan enaknya sih bermain dengan Fedora 15 beta ini, sehingga pas Fedora 15 dirilis 30 hari nanti sudah okay he he
Download Fedora 15 Beta:
.
Previous
Next Post »

Komentar