Cara Mudah Menjadi OpenSuse Menjadi Server Yang Handal

Caranya sangat mudah karena berbasis pada GUI setting sehingga kesalahan karena salah tulis script dapat dikurangi. Namun sebelum itu saya ingin bercerita tentang apa itu samba server. Samba server adalah suatu aplikasi opensource yang digunakan untuk file sharing, printer sharing dan aplikasi menggunakan smb/cifs protocol seperti antara dos, windows, os/2, linux dan lainnya.
Bagaimana cara konfigurasinya? berikut saya sampaikan step by step.

Instal aplikasi File Server
Ya, untuk mengoperasikan samba server tentunya diperlukan aplikasi file server. Cara menginstalnya ada dua cara yaitu
menggunakan YaST atau menggunakan zypper. Jika menggunakan YaST masuk sofware management->pilih patern->kemudian centang File Server kemudian Instal. Jika menggunakan zypper silakan ketik

#zypper in -t pattern file_server




Konfigurasi Samba Server

Masuk YaST -> Network Service ->Samba Server
Konfigurasi domain name. Jika anda menggunakan workgroup tinggal Next aja.


Menentukan type samba server, mau dijadikan PDC, BDC atau Not Domain Controller

Pada tab start-up tentukan pilihan dari service samba Anda, apakah service akan dijalankan pada saat booting apa secara manual.

Ketika Anda tekan OK anda akan diminta memasukkan password root untuk samba Anda. Password disini bukanlah password root system anda.


Untuk menentukan folder yang anda share masuk kembali ke YaST -> Network Service -> Samba Server. Disitu akan di list folder apa saja yang telah di share secara default oleh sistem. Anda dapat mengkustomisasi sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin memasukkan folder Anda sendiri tinggal klik Add kemudian masukkan folder yang ingin Anda Share.





Nah sekarang samba server telah selesai di instal. Anda dapat mengakses folder yang anda share dengan mengetikkan smb://ip address server jika anda menggunakan nautilus, dolphin atau konqueror. Jika anda menggunakan windows explorer ketik \\ip addres samba. Jika diminta password masukkan username root dan password yang anda masukkan saat kustomisasi tadi.
Memasukkan User sebagai Samba User

Untuk memasukkan user dalam samba masukkan perintah
#adduser namauser
#passwd namauser
#smbpasswd -a namauser


Setelah itu restart service samba


#rcsmb restart


Sekarang Anda bisa mengakses samba server anda dengan menggunakan user dan password samba user anda yang baru. Jika anda tidak dapat mengakses folder yang anda share dengan user anda yang baru ubah privileges folder yang anda share. Ubah menjadi 777, dengan perintah


#chmod -R 777
Previous
Next Post »

Komentar