Zekr, Al-Qur’an Open Source

Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan di saat bulan Ramadhan ini untuk meraih pahala. Salah satunya adalah berinteraksi dengan Al-Qur’an, baik itu membacanya (tilawah), mempelajarinya (tadabbur), atau mengamalkannya.
Secara konvensional, kita bisa membaca Al-Qur’an melalui kitab-kitab Al-Qur’an yang banyak dijual di toko-toko buku. Dan sekarang – di jaman yang penuh dengan perkembangan teknologi informasi – kita bisa membaca Al-Qur’an melalui komputer atau pun handphone/gadget kita. Ada banyak software yang menawarkan piranti lunak Al-Qur’an, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Salah satunya adalah
“Zekr”.
Zekr adalah aplikasi Al-Qur’an yang gratis. Dia adalah aplikasi open source dan open platform (bisa dijalankan di Windows, Linux, maupun Mac) karena dibangun dengan bahasa pemrograman Java. Selain bahasa Arab, Zekr menyediakan terjemahan Al-Qur’an dalam berbagai bahasa di seluruh dunia, antara lain Indonesia, Malaysia, Inggris, Prancis, Jerman, Bosnia, Rusia, dll.
Pengguna Zekr akan sangat terbantu untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an. Karena Zekr menyediakan fasilitas pencarian ayat berdasarkan huruf Arab aslinya atau berdasarkan terjemahannya, membantu kita untuk menuju surat + ayat tertentu, menuju ke Juz tertentu, atau menuju ke ayat sajadah tertentu. Jika kita membaca Al-Qur’an menggunakan Zekr, kita bisa memberikan penanda. Sehinga jika suatu saat ingin melanjutkan bacaan, kita tinggal buka penanda terakhir. Menarik bukan?
Dan jika ingin mempelajari bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, Zekr juga menyediakan audio player bacaan Al-Qur’an dari berbagai imam, antara lain Saad Al-Ghamdi, Al-Afasy, Al-Sudais, dll. Namun sayang, untuk bisa memainkan audio ini, pengguna harus terhubung ke internet karena file audionya di putar secara streaming langsung dari internet. Tentu tidak ada masalah bagi yang akses internetnya lancar.
Sebagaimana aplikasi open source pada umumnya, Zekr selalu memperbaharui versinya. Terakhir Zekr mengeluarkan versi terbaru yaitu versi 1.0.0 pada 11 Agustus 2010 yang lalu bertepatan dengan 1 Ramadhan 1431 H. Dalam rilisnya, Zekr mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, dan memberi pesan agar kita tidak lupa mendoakan saudara-saudara kita di Gaza Palestina.
Tunggu apa lagi? Segera download Zekr di http://www.zekr.org dan mari kita berinteraksi dengan Al-Qur’an. (hdn)
Previous
Next Post »

Komentar